Cara Menghitung Suku Bunga Deposito, Perhatikan BerikutĀ 

ilustrasi grafik kenaikan suku bunga deposito

Sebelum melakukan deposito maka mengetahui cara menghitung suku bunga deposito merupakan hal yang wajib dilakukan. Perlu diingat bahwa sebesar apapun dana yang dimiliki sekarang tetapi tidak bisa dikelola dengan baik, tentu Anda tidak dapat terhindar dari namanya masalah finansial nantinya. 

Itulah pentingnya agar merencanakan keuangan dengan baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan di masa depan nantinya.  Di samping itu, merencanakan keuangan itulah akan memberikan sejumlah kelebihan bagi seseorang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan buat mengelola keuangan tersebut seperti dengan melakukan deposito. 

Cara Menghitung Suku Bunga Deposito 

Adapun deposito sendiri salah satu produk simpanan dari bank dimana proses pencairannya hanya dapat dilakukan di jangka waktu tertentu sekaligus syarat-syarat tertentu saja. Salah satu keunggulan yang ditawarkan di dalamnya adalah suku bunga lebih tinggi sekaligus kompetitif dibandingkan dengan suku bunga tabungan lainnya. 

Tak sampai disitu saja, jenis investasi inipun mempunyai faktor risiko lebih rendah sehingga keuangan anda sangat aman. Namun, sebelum Anda memutuskan buat menggunakan simpanan deposito maka pahami beberapa cara melakukan perhitungannya berikut 

1. Rumus Berdasarkan Total Pendapatan Per Jatuh Tempo 

Dengan menggunakan rumus satu inilah maka Anda bisa lebih mudah dalam mengetahui kisaran profit yang akan diperoleh secara keseluruhan. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:

Setoran pokok + (profit dari bunga deposito-jumlah pajak deposito)

Sebelum Anda memutuskan buat melakukan perhitungan diatas pastikan apabila mengetahui profit dari bunga deposito sekaligus jumlah pajak deposito yang wajib dibayarkan. 

2. Rumus Berdasarkan Keuntungan Bunga Setiap Bulan 

Di samping menggunakan rumus diatas, nasabah juga dapat menggunakan rumus satu ini untuk melakukan perhitungan 

(rumus bunga deposito x setoran pokok deposito x 30 hari x 80%)/ 365 hari

Adapun persentase diatas adalah persentase pendapatan sesudah dikurangi dengan persentase pajak yang harus ditanggung oleh nasabah. 

Kelebihan Deposito 

Banyaknya orang-orang yang menggunakan deposito sebagai simpanan masa depan adalah karena beberapa keuntungan yang ditawarkan mulai dari tabungan lebih aman, investasi rendah risiko, pendapatan per tenor deposito berjangka dan masih banyak lagi. 

Salah satu cara yang bisa digunakan buat menyiapkan dana di masa depan adalah dengan mengelola keuangan dengan baik seperti melalui deposito. Nah, sebelum terjun maka sebaiknya pahami dahulu perhitungan suku bunga deposito dahulu.