Mengenal Kuliah Full Online S1: Keuntungan Dan Persiapannya

kuliah full online S1

Di era teknologi dan internet yang berkembang pesat, sudah banyak kegiatan harian yang bisa dilakukan dari jarak jauh seperti kuliah full online S1 di kampus terbaik. Tanpa harus belajar di tempat, sekarang bisa berkuliah dari mana saja dengan jadwal yang disesuaikan. Sebelum itu, mari mengenal seperti apa kuliahnya pada artikel kali ini!

Apa Itu Kuliah Online?

Kuliah online atau daring yakni dalam jaringan, dimana anda menggunakan bantuan internet dalam mengakses informasi dan kegiatan perkuliahan. Sistem belajarnya masih seperti kuliah pada umumnya, hanya berbeda dari cara belajar melalui platform video conference, situs layanan akademik, dan lokasinya bisa dari mana saja.

Gaya belajar ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun makin menjamur pasca pandemi yang mengharuskan seluruh mahasiswa/i belajar dari rumah.

Keuntungan dari Kuliah Berbasis Online

Kuliah berbasis online ini menawarkan banyak sekali keuntungan yang dapat anda rasakan, terutama yang sambil sibuk bekerja, misalnya : 

  1. Lokasi belajar bebas

Manfaat pertama yang bisa dirasakan adalah lokasi belajarnya yang bebas dari mana saja. Anda tetap bisa berkuliah meski berbeda domisili dengan kampus pilihan, baik beda kota, provinsi, hingga pulau sekalipun. 

  1. Fleksibel

Fleksibilitas jadwal juga jadi alasan mengapa kuliah online banyak dipilih mereka yang ingin tetap belajar meski disibukkan dengan pekerjaan. Setiap mahasiswa/i bisa memilih sendiri jadwal kuliah mereka menyesuaikan hari dan jamnya.

  1. Gaya belajar full daring

Semua cara belajarnya sudah jelas daring, mulai dari pertemuan online, materinya diberikan dalam bentuk ebook maupun video sehingga anda tak perlu lagi berangkat ke kampus seperti pada umumnya.

  1. Materi ajar bisa diputar ulang

Bagi anda yang masih kurang paham dengan materi kuliahnya pun bisa mengulang dan mengunduhnya kapanpun. Cara seperti ini membantu mereka supaya tetap dapat mengikuti materi perkuliahan meski 

  1. Uang kuliah murah

Kemudian dari segi biaya, kuliah online terhitung jauh lebih murah dari versi konvensional. Belum lagi anda tak perlu mengeluarkan uang transportasi, tempat tinggal, dan pengeluaran lain karena seluruh kegiatan sifatnya daring.

Persiapan untuk Kuliah Online

Mau kuliah online? Catat apa saja persiapannya berikut ini : 

  • Tentukan tujuan anda mengambil kuliah online tersebut.
  • Susun rencana pembagian waktu antara kuliah dan bekerja, atau kegiatan lainnya.
  • Riset kampus dan pilihan jurusan yang menawarkan sistem perkuliahan full online.
  • Jangan asal pilih kampus online, pastikan kampusnya sudah terakreditasi A.
  • Catat setiap rincian perkiraan uang kuliah dari tiap kampus pilihan anda.
  • Tanyakan seperti apa alur perkuliahannya, bentuk materinya.
  • Siapkan perangkat dengan minimal kriteria tertentu yang diminta kampus serta koneksi internet stabil.

Dengan hadirnya sistem kuliah full online S1, kini siapapun bisa belajar di kampus terbaik dari mana saja tanpa harus datang langsung ke kampus. Apakah anda tertarik mencoba kampus online ini?