4 Keunggulan Atap Polikarbonat Gelombang beserta Kekurangannya, Simak Lebih Lanjut!

atap polikarbonat gelombang

Material atap polikarbonat gelombang menggunakan bahan berbeda dengan polimer dari thermoplastic resin, yang mana polikarbonat memiliki karakteristik yang kuat, jernih, transparan, tahan terhadap suhu dan baik digunakan untuk peralatan listrik, serta indeks pembiasan yang tinggi. 

Keunggulan Atap Polikarbonat

Bagi anda yang sedang mencari atap transparan, sebaiknya pilihlah atap polikarbonat gelombang. Berikut kelebihannya:

  • Mudah dibentuk

Lain halnya kaca, harga atap polikarbonat, polikarbonat memiliki struktur yang fleksibel, sehingga lebih mudah dibentuk, mudah dicetak atau dilengkungkan sesuai kebutuhan. Bahkan ada beberapa polikarbonat juga mempunyai motif dan tekstur.

  • Kuat dan tahan terhadap guncangan

Sebagai bukti, polikarbonat mampu menahan bola seberat 4 kg yang jatuh dari ketinggian 9.5 m, 3 kali berturut-turut dengan tidak hancur atau rusak. 

Hal inilah yang membuat polikarbonat cocok digunakan untuk jendela pesawat terbang, partisi pembatas ice-hockey, tameng anti huru-hara polisi, dan semua aplikasi yang membutuhkan daya tahan tinggi terhadap guncangan.

  • Bening seperti kaca

Apabila anda membandingkan polikarbonat dengan lembaran solid, maka atap polikarbonat gelombang sama jernihnya/transparan seperti kaca. Tetapi, 200 kali lebih kuat terhadap benturan dan berat setengah kali dari berat kaca per m2 dengan ketebalan yang sama.

  • Bisa mentransmisikan cahaya

Atap polikarbonat mampu mentransmisikan cahaya hingga 89%. Sehingga cocok diaplikasi sebagai atap rumah kaca, atap kanopi, atap jemuran, atap taman dan ruangan lainnya yang membutuhkan cahaya matahari. 

Perlu anda ingat bahwa penggunaan atap polikarbonat tidak ditujukan untuk mengurangi panas, melainkan untuk mengurangi konsumsi energi penerangan listrik. 

Kekurangan Atap Polikarbonat

Dibalik kelebihan, tentu ada kekurangan atap polikarbonat yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.  Yaitu, bahan atap polikarbonat tidak tahan terhadap goresan, sehingga anda harus rajin melakukan pengecekan dan perawatan karena jika goresan-goresan tersebut terus dibiarkan, maka akan menimbulkan kerusakan parah. 

Selanjutnya, atap polikarbonat gelombang juga sensitif pada bahan kimia. Jadi, ketika anda mencoba untuk membersihkannya, perhatikan bahan sabun yang akan digunakan, dan hindari bahan kimia yang mengandung alkali atau pelarut.