Inilah 5 Tips Membeli dari Jual Alat Berat Baru

jual alat berat

Sama halnya seperti mobil maupun kendaraan bermotor lainnya, beberapa perusahaan juga menyediakan jual alat berat baru. Meskipun baru, Anda tetap harus pintar dalam memilihnya.

Anda harus menemukan alat berat dalam kondisi prima dan harga yang miring. Tidak heran, saat ini banyak kontraktor yang memilih membeli mesin berat baru.

Mengenal Jual Alat Berat Baru Terbaik

Saat ini, masih banyak kontraktor yang terbentur masalah budget dan memilih membeli alat berat bekas. Namun, hal ini akan merugikan bila proyek yang dikerjakan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, sebelum membeli alat berat sebaiknya pikirkan secara matang. Jangan sampai alat berat yang dipilih malah cepat rusak. Disarankan, kontraktor membeli alat berat baru jika proyek yang dikerjakan dalam waktu lama.

Tips Membeli dari Jual Alat Berat Baru

Selain kontraktor, ada petani yang membutuhkan alat berat untuk pertanian. Agar Anda bisa memperoleh jual alat berat baru dalam kondisi yang prima, berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

  1. Lihat Keadaan Fisik Mesin

Keadaan fisik bisa menjadi indikator untuk melihat kualitas dan bagaimana mesin tersebut. Saat  Anda melihat kondisi luar dari mesin tersebut pastikan bahwa mesin masih dalam keadaan bagus, mulus, dan rapi.

Sementara itu, lihat juga apakah ada kerusakan yang terlihat jelas atau tidak. Pastikan juga bahwa bentuk mesin sama dengan bentuk yang pabrikanz hal ini untuk menghindari adanya modifikasi.

  1. Lakukan Test Drive 

Tidak hanya mengecek kondisi fisik, lakukan juga test drive untuk memastikan performa mesin. Langkah dalam melakukan test drive ini yaitu: hidupkan terlebih dahulu mesin dan dengar bunyinya. Selanjutnya, operasikan alat berat dengan berbagai kombinasi gerakan.

  1. Cek di bawah Alat

Selanjutnya, lihat kondisi di bawah hood alat berat tersebut. Kondisi yang ada di bawah hood ini dapat menjadi indikasi dari masalah mesin.

Contohnya saja, ada bekas oli bocor yang dapat dilihat dibawah hood mesin. Oli bocor ini akan mempengaruhi transmisi dari mesin.

  1. Merek

Merek jual alat berat baru akan berpengaruh pada kenyamanan serta kualitas mesin. Jadi apabila sudah terbiasa mengoperasikan atau menggunakan mesin dengan merek tertentu, maka cari merek sejenis tersebut. Dengan begini, tidak dibutuhkan penyesuaian pengoperasian yang akan menghambat pekerjaan.

  1. Minta Pendapat Ahli

Apabila masih tidak yakin dengan pilihan alat, maka konsultasi dengan orang lain yang paham dengan teknis alat berat tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan atau penipuan.

Demikianlah informasi mengenai tips membeli dari jual alat berat baru. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi Anda yang ingin membeli alat berat terbaik.